Mahasiswa UNDIP Hidupkan Kembali Jumat Bersih

10/08/18 Tim II KKN Undip tengah melaksanakan Jumat Bersih di Desa Bulak Baru.

JEPARA (10/08) — Mahasiswa Universitas Diponegoro yang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bulak Baru, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara melaksanakan Jumat Bersih atau aktivitas kerja bakti membersihkan desa yang digelar pada hari Jumat. Kegiatan ini merupakan program kerja multidisiplin dari Tim II KKN Undip di Desa Bulak Baru dan diberi nama “Pelestarian Lingkungan dan Aset Desa Berdasarkan Peraturan Desa yang Berlaku: Bersih Desaku, Indah Sejarahku”.

Jumat Bersih beberapa tahun yang lalu rutin dilaksanakan di Desa Bulak Baru, tetapi seiring berjalannya waktu, aktivitas gotong royong ini perlahan mulai ditinggalkan karena kesibukan masyarakat. Padahal kegiatan ini sangat penting karena dapat mempererat tali persaudaraan dan berperan dalam menjaga budaya tolong-menolong di kalangan warga, serta tentunya meningkatkan kebersihan dan kesehatan desa. Hal inilah yang melatarbelakangi para mahasiswa untuk kembali menghidupkan Jumat Bersih.

“Dulu warga setiap disuruh kerja bakti itu langsung berangkat semua, paling tidak membersihkan halaman rumahnya sendiri-sendiri. Sekarang sudah agak susah,” terang Pak Masnur, salah satu mantan Kepala Desa Bulak Baru sekaligus orang yang dianggap sebagai tetua di sini.

10/08/18 Tim II KKN Undip tengah melaksanakan Jumat Bersih di Desa Bulak Baru.

Dalam menjalankan program ini, para mahasiswa mendapatkan bantuan dan dukungan dari masyarakat, terutama para pemuda anggota Karang Taruna Tunas Muda. Selain berupa tenaga, bantuan juga hadir dalam bentuk alat-alat kebersihan mulai dari peralatan standar seperti sapu, pengki, cangkul, dan clurit, hingga mesin pemotong rumput dan kendaraan untuk mengangkut sampah.

Ke depannya, diharapkan Jumat Bersih dapat terus dilaksanakan mengingat manfaatnya yang sangat besar. Karena itu, dibutuhkan pendampingan dan pengawasan lebih lanjut dari para perangkat desa serta mahasiswa KKN (bila perlu) untuk kembali aktif menggerakkan dan memupuk semangat warga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan